Suka Masak Dengan Bumbu Instan? Kenali Ancaman Bumbu Masak Instan!

Suka masak memakai bumbu instan? Bumbu masak kerap kali dipilih para ibu supaya program masak jadi lebih cepat dan tentu saja tidak ribet. Namun, bukan belakang layar lagi jika sesuatu yang instan pastilah memiliki “imbas” yang tak senantiasa mengasyikkan, terutama bagi kesehatan. Meski pada umumnya produsen bumbu instan mengklaim jika produknya dibuat dari bahan yang segar dan berkualitas, tetapi ternyata didalam bumbu instan terdapat komplemen bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Diantara bahan-materi berbahaya yang ada dalam bumbu instan, antara lain : 

•    Pewarna, yang menciptakan warna masakan jadi lebih cerah dan menawan
•    Pengawet, yang membuat bumbu kuliner tidak cepat bau
•    Penyedap rasa, yang membuat rasa kuliner jadi lebih yummy
Ingin tahu, apa sajakah bahaya yang mengintai akibat masak menggunakan bumbu instan? Simak saja informasinya berikut ini :

Gangguan pencernaan

 Meski mengklaim menggunakan materi-materi segar, tetapi bila diproses dan dikemas dengan cara yang tidak higienis, maka bumbu instan juga mampu berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Diantara akibat mengonsumsi makanan tidak higienis, adlah : mual, muntah, diare, dan lainnya.

Gangguan hati dan ginjal

Dalam bumbu instan mengandung aneka macam bahan tambahan makanan (BTM)  yang bersifat kimiawi. Bisa dibayangkan bagaimana bila bahan-bahan kimia tersebut menumpuk dan mengendap dalam tubuh kita?  Selain sebabkan gangguan saraf, tumpukan zat kimia dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan hati dan ginjal.

Sebabkan kanker

Dalam bumbu instan lazimterdapat kandungan MSG (monosodium glutamat) yang umumnya bermanfaat menyedapkan masakan. Mengonsumsi MSG secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang mampu menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Sebabkan hipertensi dan stroke

Dampak jelek lainnya yang layak diwaspadai dalam bumbu instan adalah natrium benzoate yang berfungsi selaku pengawet atau natrium klorida (garam). Penumpukan kadar natrium dalam tubuh sangatlah berbahaya, karena dapat memajukan risiko penyakit hipertensi dna juga stroke.

Bahaya mengintip dari kemasan bumbu

Selain materi-materi embel-embel dalam bumbu instan yang berbahaya, ternyata ada bahaya lain yang mengintip balasan bumbu instan, ialah kemasannya. Kebanyakan bumbu instan menggunakan bungkus plastic yang mempunyai efek negative jika zat dalam plastik bermigrasi kedalam materi masakan yang dikemas, alasannya adalah zat tersebut bersifat karsiogenik. Bahaya yang ditimbulkan antara lain : gangguan system pencernaan sampai kanker.
Jika Anda tetap ingin memakai bumbu instan ketika memasak, tentukan pilih-pilih menentukan produk bumbu instan yang aman, diantaranya : memiliki label izin/sertifikasi, asli atau artifisial, kemasannya mesti food grade, tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya, dan lainnya. Namun jika Anda ingin keluarga tersayang lebih tersadar kesehatannya, sangat dianjurkan untuk menggunakan materi dan bumbu segar ketika mengolah masakan.

Read More :  Cara Cerdas Atasi Minyak Goreng Yang Berbusa Dikala Menggoreng

Add Comment