Kiat Dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren Dan Ayam Berformalin

DapurOnlinequ – Makanan berbahan dasar ayam merupakan makanan yang paling diidolakan atau paling banyak disukai oleh penduduk Indonesia, mulai dari ayam goreng sampai dengan bubur ayam semua olahan ikan menjadi santapan lezat. untuk menunjang mutu dari olahan ayam tersebut haruslah diimbangi dengan dengan kualitas daging ayam yang baik dan bagus. pentingnya memilih ayam yang berkualitas ini biar olahan kuliner Anda yummy, sehat dan unggul dalam cita rasanya, serta kandungan ayam tersebut mampu berkhasiat bagi tubuh anda dan kesehatan anda.  dalam agama sendiri kita dianjurkan untuk makan kuliner yang halal saja tetapi harus yang tayyiban (baik). Tapi Sayang Keinginan Anda untuk memproleh Ayam yang berkualitas baik tidak didukung oleh para penjual ayam, tidak sedikit dari mereka bermain curang dalam memasarkan barang dagangannya demi untuk meraup keuntungan yang besar semata seperti menyuntik ayam dengan air (menggelonggong ayam), memasarkan ayam Tiren (Ayam Mati sebelum disembelih) dan ayam berformalin.  tujuan mereka melakukan ini adaalah biar semoga ayam tampakbesar dan gemuk (berat ayam bertambah sebab adanya air), agar mereka tidak merugi sebab ayam mati sebelum disembelih, dan yang diberi formalin biar ayam mampu bertahan usang dan mampu dijual lagi besoknya bila hari tidak laku. 
sumber gambar : Entitashukum.com
Maka dari itu Anda harus bisa mengetahui dengan cerdas dan cermat Daging ayam yang berkuailitas baik, tidak sukar kok cara mengenali ayam yang memiliki masalah mirip ini. Nah dalam potensi kali ini Tim Dapur Onlinku akan memaparkan Tips Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin seperti dibawah ini.

Tips dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

Ayam Suntik

Ayam suntik (gelonggong)  yaitu ayam yang sudah disembelih disuntik dengan air pada bagain tertentu mirip paha, dada, punggung biar ayam tampakterlihat lebih gemuk dan besar. Mudah sekali mengetahui ciri ciri ayam suntik mirip ini.
  • Dari kasat mata ayam ini tidfak normal beratnya, ayam kecil tetapi beratnya di atas rata-rata
  • Ayam ini mempunyai kulit yang mengkilap dan tekstur kulitnya tidak kesat
  • Tekan daging ayam apabila kencang dan tidak lembek maka 100% ayam tiren
  • Terdapat genangan air disekitar ayam seolah olah habis dicuci atau disiram
  • Banyak tetesan air apabaila ayam dijungkir atau diangkat
  • Apabila anda terlanjur memasak daging ini maka daging akan tampakmenyusut dan banyak mengeluarkan air
Read More :  Cara Masak Tumis Jantung Pisang Yang Lezat Dan Sehat

Ayam Tiren

Ayam tiren (mati Kemarin) ialah ayam yang diiris setelah ayam itu mati alasannya sakit atau mati akrena hal lain. Jangan menyantap ayam seperti ini alasannya dapat menjadikan problem dan berbagai penyakit dikemudian hari. Ingin tau ciri ciri dari ayam ini, ini ciri cirinya.
  • Harga tidak wajar atau lebih hemat biaya dari daging ayam lazimnya
  • Sayat sembelihan pada bagian leher tidak lebar
  • mempunyai aroma yang lebih amis dari pada ayam lazimnya
  • dagingnya bewarna kebiruan atau terlihat pucat dan tidak segar
  • cek pada bab leher dan kepala apabila ada bercak darah, maka itulah Ayam Tiren

Tapi lazimnya para pedagang mensiasati supaya ciri ciri tersebut diatas tidak tampak seperti membubuhkan pewarna kuning dan merendamg dengan air kelapa biar terlihat lebih segar. jadi lebih berhati hati.

Ayam ini dalam Islam haram untuk di konsumsi karena ayam mati sebelum disembelih. dalam islam ayam tergolong binatang yang halal dimakan akan namun menjadi haram kalau ayam tersebut disembelih saat binatang telah mati.

Ayam Berformalin

Ayam berformalin, Entah apa yang ada dipikiran para penjualayam, mereka menggunakan bahan yang bahu-membahu dipakai untuk mengawetkan manyak semoga tidak cepat membusuk ini, mungkin tujuan ereka agar biar ayam lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk bila ayam mereka tidak laris pada hari itu bisa dijual lagi pada hari berikutnya.  hal ini dijalankan supaya mereka tidak merugi. sangat jahat pedagang seperti ini demi keuntungan kesehatan orang lain sebagai taruhannya. Berikut ini ciri-ciri ayam berformalin.
  • Tidak adanya lalat hinggap di daging ayam yang dijual
  • Daging ayam ini lebih kenyal dan putih mengkilat dari ayam biasanya
  • tidak ada aroma bau daging mirip lazimnya tapi daging berbau obat
Nah Itulah  Tips dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin. Semoga postingan ini menolong Sobat Dapur dalam menentukan Ayam yang berkuliatas demi kebaikan dan kesehatan keluarga. 

Add Comment