Kades Sangiangjaya Optimis Mampu Laksanakan Kemah Literasi 2020

Kepala Desa Sangiangjaya, Usep Pahlaludin saat berbincang dengan Wakil Bupati Lebak

KL, Sangiangjaya – Kemah Wisata Api Literasi 2019 yang dilaksanakan di lapangan Desa Ciparasi, Kecamatan Sobang, berlangsung sukses. Acara yang digelar selama 4 hari yakni mulai dari tanggal 26-29 Juli 2019 diikuti sedikitnya 400 orang yang berasal dari 110 komunitas penggiat literasi dari dalam dan luar lebak.

Ya, acara tersebut rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi desa-desa di Kabupaten Lebak untuk menjadi tuan rumah Kemah Wisata Api Literasi tahun depan. Salah satu Desa yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah yakni Desa Sangiangjaya, Kecamatan Cimarga.

Kepala Desa Sangiangjaya, Usep Pahlaludin mengungkapkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah kemah tersebut. Menurutnya, ada banyak alasan kenapa pihaknya ingin menjadi tuan ruamh Kemah Wisata Api Literasi 2020 mendatang.

advertisementiklan kabarlebak

“Ketertarikan kita untuk menjadi tuan rumah Kemah Wisata Api Literasi bukan tanpa alasan. Ini semua murni didasari oleh kondisi yang ada saat ini. Dimana, kesadaran masyarakat untuk membaca, untuk belajar atau bersekolah ini masih sangat minim. Untuk itu saya berharap dengan dilaksanakan kemah literasi, ini menjadi motivasi bagi masyarakat,” kata Usep kepada Kabar Lebak (kabarlebak.com) Kamis (1/8).

Untuk itu, lanjut Usep, kemah literasi juga bisa meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya menuntut ilmu. “Pertama motivasi orang tua untuk mendukung dan menyekolahkan anaknya tumbuh. Dan mereka menganggap pendidikan itu sebuah kebutuhan bukan hanya sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari kerja,” imbuh Usep.

Selain itu, Usep mangku optimis pelaksanaan kemah literasi akan berjalan sukses jika desanya diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah.

“Di event lain kami sudah bisa membuktikan, salah satunya yaitu pada tahun 2014 MUSDA KNPI Lebak berjalan dengan baik di desa kami, jadi jika kami dipercaya, Insyaallah kami akan bekerja keras mensukseskan acara tersebut,” tambah Usep.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak untuk kegiatan Kemah Wisata Api Literasi sekalipun masih jauh ini semata-semata untuk mematangkan persiapan dan memantapkan bahwa kami siap menjemput, menyambut serta melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik,” pungkas pria yang juga Mantan Ketua Umum PC PMII Lebak tersebut.

“Adapaun harapan kami untuk pemerintah Daerah Agar terus memacu dan membumikan literasi dengan baik dengan mengeluarkan Perda Terkait Dengan Literasi di Kabupaten Lebak,” tutup Usep.